Listrik Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Sebuah perjalanan panjang yang pantas menjadi prasasti hati bagi seluruh insan negeri ini, di mana minimnya penerangan dan sumber daya energi, menjadi sebuah kendala dalam beraktivitas dan melakukan berbagai kegiatan, masa dimana kehidupan nenek moyang dan para pendahulu negeri ini dengan sepenuh hati berjuang untuk dapat bertahan hidup (survive) serta berupaya hijrah menuju peradaban yang lebih baik, lebih terang dan lebih maju untuk hidup yang lebih baik.


Hingga masanya tiba berawal pada akhir abad ke 19, perkembangan ketenagalistrikan di negeri ini mulai datang, meski pada masa itu hanya hitungan jari dapat ditemukan penerangan dan sumber energi listrik.

Masa Awal Listrik di Negeri ini

Pada awalnya hanya perusahaan Belanda-lah yang dapat mendirikan pembangkit listrik, dan itupun untuk konsumsi mereka sendiri, namun masa paralihanpun terjadi antara tahun 1942-1945.
Tepatnya pada tanggal 27 Oktober 1945, Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas di bawah Departemen Umum dan Tenaga dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik sebesar 157,5 MW.

Pada tanggal 1 Januari 1961 Jawatan Listrik diganti menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara), namun tak berhenti disini, pada tanggal 1 Januari 1965 dua perusahaan besar negeri ini resmi berdiri yaitu PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PGN (Perusahaan Gas Negara).

Pada tahun 1972 Baju pun di kenakan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 17. Status PLN (Perusaan Listrik Negara) ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan Sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan, dengan tugas menyediakan listrik bagi kepentingan umum. Dan setelah masa inilah berbagai kemajuan terus berlangsung, PLN terus berinovasi dan berkerja penuh energi.


Sebuah Upaya Menggapai Obsesi

Untuk dapat menjadi Perusaan yang Profesional dan berdedikasi PLN mengubah penampilannya, dari Perusahaan Umum Negara menjadi Perusaan Perseroan (Persero) sekaligus sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dan menyediakan listrik bagi kepentingan umum hingga sekarang.

Dari sinilah sepercik gambaran betapa panjang dan beratnya perjuangan untuk beralih dari masa minimnya penerangan dan sumber daya energi, menjadi sebuah masa yang Indah dan terang sekaligus kaya sumber daya energi.
Dan semua perjuangan ini tak lepas dari usaha serta sinergi berbagai unsur penting di negeri ini, baik Pemerintah, Masyarakat, Pihak Ketiga maupun PLN sendiri.



Pentingnya Listrik Untuk Kehidupan

Energi listrik adalah teknologi multi fungsi yang merupakan hasil kreatifitas manusia.

Keberadaan listrik bertujuan untuk memperlancar segala bentuk kegiatan masyarakat baik itu kegiatan dalam perindustrian, kegiatan komersialisasi dan juga dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga secara tidak langsung listrik membawa pengaruh yang besar dalam kehidupan masyarakat.

Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat, karena tanpa listrik hampir segala bentuk aktifitas masyarakat tidak akan berjalan secara maksimal .




Sejenak mari kita berfikir

Bagaimana kiranya jika setiap sudut rumah, jalan, perkantoran dan tempat-tempat layanan umum tanpa listrik ?

Bagaimana jadinya jika kendaraan-kendaraan yang ada tanpa listrik, padahal sumber energi dari kendaraan itu sendiri adalah listrik ?

Bagaimana jadinya jika Peralatan elektonik dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang ada tanpa listrik ?

Bagaimana jika Pabrik-pabrik dan berbagai instasi pelayanan umum tanpa listrik ?

Meski kita yakin serta optimis 100% (penuh) dapat hidup tanpa listrik, namun ketika listrik tidak ada maka hampir segala bentuk aktifitas masyarakat tidak akan berjalan secara maksimal dan akan timbul berbagai kendala serta tindak kriminal.
Selain listrik berperan sebagai kebutuhan pokok , keberadaan listrik juga menjadi tolak ukur serta salah satu indikator suatu daerah, wilayah serta Negara dikatakan maju.

Jadi….masih mau hidup bergelap-gelapan ? dan mantab serta lantang bilang, “Aku Bisa Hidup Tanpa Listrik ?”

Berpikir cerdaslah !

Listrik sebagai hasil kreatifitas dari perkembangan teknologi telah diciptakan, dan teknologi sendiri dibuat untuk memudahkan manusia dalam kehidupannya. Keberadaan energi listrik merupakan sebuah keharusan, karena energi listrik merupakan salah satu motor penggerak roda kehidupan pada sebuah bangsa untuk tetap bergerak dan mengarah maju ke depan.

Sehingga hampir dipastikan bahwa semua aktifitas masyarakat tidak bisa berjalan secara maksimal tanpa adanya listrik. Tanpa keberadaan dan keberdayaan energi listrik akan menghambat aktivitas masyarakat dunia usaha dan rumahan, bahkan tanpa adanya listrik dapat berujung terhambatnya serta terhentinya kemajuan suatu bangsa.

Jadi, Jika kita mampu dan sempat untuk berucap, maka sampaikanlah serta luapkanlah seabrek rasa syukur serta terima kasih kita kepada Alloh Ta’ala yang telah menganugerahkan dan memberikan listrik melalui PLN (Persero) serta para pihak terkait yang ikut serta dalam perkembangan dan eksistensi ketenagalistrikan di Indonesia.

Jadi yakinlah, bahwasanya keberadaan juga hadirnya “Listrik Untuk Hidup Yang Lebih Baik”.


Tak Kenal Maka Tak Sayang

Ya…seperti itulah peribahasa yang layak, apik dan pas serta pantas kita pakai untuk PLN, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.


Ketika kita tak mengenal lebih dekat dengan PLN maka ketika kita membaca diberbagai Media, baik Online maupun Offline, melihat dari Televisi hingga Koran serta mendengar dari gosip Ibu-ibu perumahan dan di sudut-sudut jalan, maka yang kita jumpai, kita dengar dan kita rasakan hanyalah kejelekan serta olok-olok berujung kemadharotan yang syarat dengan kerendahan nilai iman.

Padahal, ketika kita bertatap muka dan berkenalan dengan PLN melalui Visi dan Misi serta Motonya, maka kita akan melihat dan mengetahui betapa Peduli dan Profesionalnya mereka, betapa Rendah Hati dan Kredibel serta Cerdas managemennya, jadi….anda belum percaya juga ? saran saya, tarik nafas dalam-dalam sekarang juga, hembuskan dengan perlahan dan coba berkenalan dengan membaca serta merenungkan :

Visi

Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani.

Misi

• Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.

• Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

• Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.

• Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Moto

Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik



Bagaimana ? dari visi, misi juga moto PLN diatas ternyata mampu memberikan gambaran serta ispirasi kelas tinggi bukan ?

Berangguklah berulang kali…karena, begitu konsen serta semangatnya PLN merealisasikan Visi serta Misinya, sejalan dengan Moto mereka “Listrik Untuk Hidup Yang Lebih Baik” kegiatan nyata dan berbagai program apik telah mereka suguhkan, hingga dalam Visi PLN di tahun 2015, PLN berusaha untuk menjangkau serta mengaliri Listrik Seluruh Indonesia.

(foto dan kegiatan PLN dalam desain kemasan kotak)


Dapatkah PLN merealisasikan semua itu ?

Memang bukan hal yang mudah pastinya dapat menjangkau dan mengaliri listrik ke Seluruh Indonesia, namun perjuangan serta kerja keras harus dilakukan untuk mencapai Visi dan Misi serta mewujudkan Kehidupan yang lebih baik melalui listrik.

Meski dari dari sekitar 234,2 juta penduduk Indonesia atau sekitar 51 juta kepala keluarga, baru sekitar 39 juta kepala keluarga yang menjadi pelanggan PLN, itu artinya masih ada lebih dari 12 juta kepala keluarga Indonesia yang belum bisa menikmati listrik dari PLN. [data-data Kementerian PU tahun 2009].
Namun tidak ada hal yang tidak dapat di upayakan, karena Alloh Ta’ala senantiasa memberikan jalan keluar dari arah yang tidak disangka-sangka, dan begitupun dengan PLN, satu langkah telah berhasil, maka ribuan bahkan jutaan langkah insyaAlloh juga akan dapat berhasil serta terlaksana. Aamiin.


Apa Saja Program-Program PLN ?

Sampai Oktober 2012 dimana saya membuat artikel “Listrik Untuk Hidup Yang Lebih Baik”, program-program PLN yang telah dan sedang mereka laksanakan yaitu :

1. Untuk Pelanggan PLN tercinta

• PLN mengadakan Kontes Blog Aku dan PLN dengan Tema “Harapanku Untuk PLN”. Info selengkapnya klik disini atau disini bisa juga disini.


PLN memberikan Layanan Online Pemasangan Baru, Perubahan Daya dan Sambungan Sementara.


• Mengadakan Layanan Prabayar dengan produknya “Listrik Pintar” Apa itu Listrik Pintar klik disini.


• Menyediakan SPLU (Stasiun Pengsian Listrik Umum).

• Memberikan Pelayanan Sosial, Info Pelayan Sosial PLN klik disini.



• Memberikan Layanan Rumah Tangga, Info selengkapnya Klik disini.

• Menyediakan Layanan Bisnis dan Industri.

• Menyediakan Layanan Kantor Pemerintah dan PJU.

• Menyediakan Layan Traksi (Transportasi Kereta Listrik Indonesia).

• Memberikan Informasi berkenaan dengan Tarif Dasar Listrik (TDL). Info selengkapnya klik disini.




• Memberikan Layanan Informasi Online PLN. Klik disini atau disini.


2. Untuk Pihak Ketiga (Investor dan Supplier)

• Memberikan Laporan Keuangan

• Memberikan Laporan Tahunan

• Memberikan Laporan Statistik Perusahaan

• Memberikan RUPTN dan RUKN

• Memberikan Draft Energy Sales Contrac

• Memberikan Request For Meeting.

• Memberikan Peluang Bisnis.

Bisnis PLN tergolong masif dan berlokasi di seluruh penjuru Indonesia. Melibatkan banyak bidang usaha baik barang dan jasa. Dapat membuka lapangan pekerjaan kepada penyedia barang jasa yang mengikuti pekerjaan – pekerjaan yang diadakan di lingkungan PT PLN (Persero). Pengadaan Jasa Borongan, Jasa Konsultansi, Konstruksi, Barang dan Jasa telah diakomodir oleh sistem E-Procurement sehingga seluruh bidang usaha penyedia barang jasa dapat menyesuaikan sesuai dengan kemampuan dan keahlian.

3. Untuk Negara

PLN memberikan Asupan Pendapatan Dalam Negeri sekaligus sebagai pendorong semakin berkembangnya perekonomian nasional dan iklim investasi yang lebih sehat. Sebagaimana dijelaskan oleh Senior Manager Korporat Komunikasi PLN Bambang Dwiyanto "Pendapatan usaha PLN selama 2011 sebesar Rp 213,9 triliun, naik sebesar 31,7% dari pendapatan usaha tahun 2010 yang tercatat sebesar Rp 162,4 triliun" (sumber : merdeka.com).

PLN membatu Pemerintah dalam mengentaskan Kemiskinan, Menyukseskan Program Kesehatan dan Pendidikan bagi Masyarakat.

PLN mengadakan Program PLN Peduli. Info selengkapnya klik disini.




Keluhan Konsumen dan Maraknya KORUPSI, KOLUSI, NEPOTISME Menjadi Pecut Perbaikan Diri

Meski apik dan luar biasa program-program yang telah dan sedang dilaksanakan PLN, akan tetapi panjang dan berat perjalanan yang dilalui dalam mengaliri listrik serta melayani konsumennya ke seluruh penjuru negeri ini.

Sanjungan dan tepuk tangan keberhasilan sudahlah menjadi hal yang biasa, namun ketika berbagai keluhan serta protes terjadi di sana-sini, dari merauke sampai ke sabang, dari dataran tinggi hingga pedalaman, ditambah lagi terjadinya Praktek KORUPSI, KOLUSI dan NEPOTISME menjangkiti tubuh PLN sendiri, inilah yang menjadi hal luar biasa yang pantas di perhatikan.

Dan bukannya ciut nyali atau luntur semangat, justru semua ini harus menjadi pecut penggelora semangat untuk perbaikan diri.

Ini sejalan dengan apa yang diutarakan Direktur Utama PLN Nur Pamudji yang ditemui di Hotel Ambhara, Jakarta, Jumat (28/9) “…saat ini indeks korupsi Indonesia di pelayanan publik sangat tinggi dibanding negara Amerika dan Eropa. termasuk pelayanan jasa publik menyangkut hak hidup orang banyak terkait masalah kelistrikan. "Oleh karena itu kita ingin tutup peluang ini, walaupun kecil tapi tidak baik," tegasnya. (sumber : merdeka.com)

Sekilas sebuah perjalan panjang dari sebuah masa dimana minimnya penerangan menjadi sebuah kendala dalam beraktivitas yang dapat di akomodir dan di kelola dengan baik oleh PLN bersama dan bersinergi apik dengan Masyarakat, Pihak Ketiga dan di fasilitasi oleh Pemerintah, menjadi sebuah produk hasil karya anak negeri yang berkualitas dunia dan berdaya saing serta layak jual (ekspor).

Meski kekurangan serta kelemahan masih ada disana-sini, namun saya rasa kebaikan serta manfaatnya jauh melebihi kekurangan yang ada.

Ingat ! Perbaikan Tiada Henti

Harapanku Untuk PLN

Ketika bertemu dengan kata harapan, pastinya segudang harapan ingin kita kemukakan dan segera terwujud, namun teramat khusus bagi PLN (Persero) saya hanya akan menuliskan 7 harapan saja, sebagaimana yang seringkali di yakini orang Djawa bahwasanya angka 7 (tujuh) merupakan angka keberuntungan, dan menurut saya angka tujuh adalah bilangan ganjil yang berada diantara angka 6 dan angka 8, selain itu angka 7 hanya dapat di bagi oleh bilangan itu sendiri. Yang paling penting (Didalam Agama Islam) Allah Ta’ala menyukai angka ganjil.

Agar tak panjang lebar, berikut 7 Harapanku Untuk PLN :
1. PLN (Persero) mampu mewujudkan Visi dan Misinya selaras dengan Moto mereka “Listrik Untuk Hidup Yang Lebih Baik.”

2. PLN (Persero) dapat menegakkan komitmennya untuk menyelenggaraan Perusahaan yang bersih dan bebas dari PRAKTEK KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME, sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Aamiin.

3. PLN (Persero) lebih memperhatikan keluhan-keluhan Pelanggannya, terutama bagi mereka yang berada pada golongan menengah kebawah. (tolong dicatat/penting).

4. PLN (Persero) mampu meminimalisir adanya kebakaran, ledakan trafo, naik turunnya tegangan listrik dan Padamnya Listrik pada jam Efektif Belajar serta jam Sibuk/Kerja sewaktu-waktu.

5. Ada makanan cepat saji, harusnya segera terbit layanan PLN SIAP SAJI, yang siap melayani Pelanggan 24 jam NonStop dengan memberikan promo layanan waktu “10 atau 30 menit sampai lokasi” dan pelayanan terlambat 1 menitpun PLN siap memberikan layanan/service lebih. (Contoh : Gratis biaya listrik seumur hidup atau 7 keturunan, dll).

6. PLN (Persero) mampu mengakomodir tenaga-tenaga listrik Alternatif (Gas, Uap Elektro, Mikrohidro, Nuklir, Panas Matahari, dll) untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di seluruh Indonesia bahkan Dunia guna tercapainya Visi PLN (Persero) 2015, “PLN berusaha untuk menjangkau serta mengaliri Listrik Seluruh Indonesia”.

7. PLN (Persero) bekerjasama BLOGdetik mampu memberikan penilaian secara professional dan bersih dalam setiap Kontes Blog yang di selenggarakan. Terutama dalam Kontes Blog Aku & PLN dengan tema “Harapanku Untuk PLN” selaras dengan harapanku untuk PLN No.2 diatas.

Demikian 7 Harapanku Untuk PLN yang dapat saya tulis dalam artikel berjudul “Listrik Untuk Hidup Yang Lebih Baik”. Semoga apa yang saya tulis dapat menjadi inspirasi ampuh guna tercapainya tujuan PLN.

Tak lupa tips untuk PLN guna tercapainya Visi dan Misi Perusahaan sejalan dengan Moto “Listrik Untuk Hidup Yang Lebih Baik” yaitu dengan : Optimisme tinggi dan kerjasama yang baik antara 4 unsur (PLN, Pemerintah, Pihak Ketiga serta Masyarakat/Pelanggan), ditambah kerja keras, disiplin, dan fokus beriring do’a.




Oleh : Ivan Purnawan

__________________________

Referensi :

dan berbagai sumber lain.


Artikel Terkait :




2 comments

Ivan Magelang 8 Oktober 2012 pukul 09.48

Subhanalloh, sejarah dan perkembangan listrik di Indonesia ternyata penuh perjuangan juga.
Jadi maaf juga kalo kita selama ini sering menyepelekan kinerja Bapak-bapak kita yang berada di PLN.
Buat ---> bang ivan purnawan, makasih, jazakumullohu khoir informasinya, semoga sukses dan jadi nominasi.

Ivan Magelang 8 Oktober 2012 pukul 09.51

Jangan lupa sering berkunjung juga ke blog kita bang ivan purnawan di :
http://www.alfurqon.info
http://www.sdiannuur.com
http://www.abubilal.blogspot.com

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...