Obat Diabetes Turunkan Resiko Kanker ?

Dalam Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Montreal dan McGill University, menemukan bahwa metformin dapat mencegah perkembangan peradangan. Metformin sendiri adalah salah satu obat yang paling umum digunakan untuk diabetes. Para peneliti menyimpulkan bahwa sebuah obat diabetes yang umum digunakan dapat mengurangi risiko peradangan dan pertumbuhan kanker.
Lantas timbul pertanyaan, Benarkah hal tersebut ? Bagaimana bisa obat diabetes berfungsi untuk mengurangi risiko kanker?

Dr Gerard Ferbeyre mengatakan bahwa para ahli terkejut dengan hasilnya. "Kami telah menduga bahwa metformin bertindak dengan cara yang berbeda pada jalur yang berbeda pula untuk menurunkan risiko kanker," jelas Ferbeyre seperti yang dikutip Thirdage (27/3).

Pada sebuah penyakit lain misalkan seperti kanker paru-paru, disini metformin menunjukkan pengaktifan enzim yang dapat menahan zat mTOR, sebuah protein yang dapat membantu tembakau untuk menginduksi pertumbuhan tumor. Metformin sendiri berpotensi untuk memproduksi hormon anti-kanker dalam tubuhnya.

Kemudian dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Cell Aging juga menemukan bahwa metformin bertindak dalam jalur yang sama sekali berbeda dari yang digunakan untuk mengelola diabetes. Hingga kini, metformin teruji mampu menurunkan risiko kanker paru-paru, ovarium dan payudara.

"Ini adalah temuan penting. Kita akan memahami dan mendapat alternatif lain untuk terhindar dari ancaman kanker. Ternyata, obat yang sangat umum dan aman dapat membantu dalam pengobatan beberapa jenis kanker dan mungkin memperlambat proses penuaan," pungkas Ferbeyre yang mengatakan bahwa studi ini memiliki implikasi besar.

Leave a respond

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...